Obama Dukung Israel

Spekulasi masyarakat mengenai akan adanya perdamaian antara Palestina dan Israel pasca dilantiknnya presiden terpilih AS, Barrack Hussein Obama, ternyata tidak mencapai sasaran. Banyak kalangan yang memprediksi bahwa Obama akan membawa perdamaian di Palestina, hal ini banyak didasarkan mengenai sejarah masa lalu Obama yang merupakan ras negroid dan memiliki nama tengah Hussein.

Ternyata Obama tidak memberikan banyak perubahan dalam kebijakan politik luar negeri Amerika Serikat (AS), khususnya terhadap Isarel. Obama menyatakan dalam pidatonya di kantor kementrian luar negeri AS, bahwa AS akan tetap mendukung keamanan Israel dan mendukung Israel dari berbagai ancaman atau gangguan yang melanda Israel.

Pernyataan Obama tersebut jelas mengecewakan banyak pihak. Ekspetasi pertama dunia ketika Obama dilantik yaitu bahwa Obama diharapkan bias membawa perdamaian di Palestina. Tapi, kenyataannya Obama tetap mendukung Israel, dan hanya memberikan rasa simpati pada warga Palestina. Obama pun mengklaim bahwa Hamas (Palestina, Red.) selama bertahun-tahun telah meluncurkan serangan rudal ke Israel yang menyebabkan Israel tertekan.

Rasanya ada yang salah dalam pernyataan itu. Karena menurut sejarah, Palestina merupakan negara yang utuh dengan luas wilayah yang cukup besar. Sementara, Israel sejatinya tidak memiliki tanah wilayah sendiri. Israel diberikan tanah negaranya sebagian kecil, kemudian melancarkan serangan-serangan terhadap daerah-daerah Palestina untuk memperluas wilayah.

Dengan masih adanya dukungan AS terhadap Israel, hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan. Selama ini Israel berani melakukan serangan terhadap Palestina karena mendapat dukungan AS. Dan negara-negara Liga Arab tidak bisa banyak berbuat apa-apa karena ada AS di belakang Israel. Sebagaimana kita tahu bahwa AS merupakan negara adikuasa dan bahkan sering dikatakan polisi dunia. Selama AS masih berada di belakang Israel, Palestina tidak pernah akan tenang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s