Nonton Lagi Si Doel Anak Sekolah

Pasti udah pada tau tuh judul sinetron. Ya, sinetron itu emang lawas banget dah. Kira-kira jaman gue SD, entah lupa lagi taon berapa -sekitar 93-95an deh-. Sekarang itu sinetron ditayangin lagi di RCTI. Cerita si Doel ini ngangkat kisah tentang budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, khususnya seh masyarakat Betawi. Gue dari bulan kemarin nonton lagi sinetron ini, lumayan iseng pagi-pagi, sekalian nostalgia hahaha..

Si Doel nama tokoh utamanya bernama asli Kasdoelah. Anak Babe Sabeni dan Nyak (sape ya lupe hehe), punya adik bernama Zaitun alias Atun. Doel itu anak laki-laki satu-satunya. Dan si babe pengen anaknya bisa sekolah tinggi biar bisa ngangkat derajat keluarga, juga derajat orang betawi. Makanya si Doel disekolahin dengan memakan biaya banyak sampai lulus sarjana.

Ceritanya dibikin semenarik dan seringan mungkin biar bisa ditangkap mudah sama orang-orang Indonesia. Kemasan humor dan canda khas orang betawi dan orang Indonesia, bikin sinetron ini nggak ada matinye. Apalagi ada Mandra, waduh nggak ada matinya ni orang kalo dah ngelawak.

Pesan moralnya pun banyak di sinetron ini. Salut lah buat Bang Rano Karno yang udah ngebuat sinetron ini. Penggambaran kehidupan yang nyata jelas banget di sinetron ini. Pokoknya mesti nonton lagi deh, nggak rugi kok.

Benyamin Syueb (alm) yang memerankan tokoh Babe nya Doel emang pas banget dah. Pandangannya buat majuin budaya betawi juga emang sejalan sama kehidupan nyatanya. Sebagai seorang bapak dia sangat menginginkan anaknya pintar dan berhasil melebihi dirinya.

Ni dia neh yang bikin si Doel Anak Sekolahan versi sinetron di RCTI. Bang Rano selain meranin jadi tokoh Doel, doski juga yang nyutradarain. Tokoh Doel emang kompleks, dia selain pinter, juga baik, jadi rebutan cewek pula. Mungkin gara-gara tahi lalatnya itu ya hahaha…

Udah ah, ga usah dibahas lagi ni sinetron. Mending tonton aja lagi, biar bisa nostalgia, bisa ketawa, dan bisa mikir.

Advertisements

6 thoughts on “Nonton Lagi Si Doel Anak Sekolah

  1. SO DOEL ANAK SEKOLAHAN TAYANGAN RCTI TOOOPPPP BGT !!!!!

    KALO BISA RCTI TERUS NGULANG2 SINETRON INI YACH…

    MAJU “KARNOS FILM”

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s