Doel Lagi…

Udah baca post gue tentang si Doel? Yakin deh, pasti some of people who know the meaning trully makes the post in their sense. Gue masih ngikutin sinetron itu pagi-pagi, hampir tiap pagi kalo gue bangun pagi hehehe. Kalo dulu, zaman gue masih kecil waktu pertama tu sinetron di tayangin sama RCTI, gue suka karena sinetron itu rame dan lucu bisa bikin ngakak. Tapi, setelah gue nonton lagi sekarang, dimana gue udah berumur 21 tahun, jelas pemikiran gue udah berubah dong. Kalo tetep, ya pastinya ada masalah sama otak gue.

Emang yang pertama bikin gue tertarik buat nonton lagi sinetron si Doel emang karena keingetan sama nostalgia zaman ingusan sama adegan yang lucu-lucu. Tapi, setelah gue nonton lebih dalem lagi (gile bahasanya ye!) ternyata sinetron si Doel ini bikin gue mikir lagi. Dulu aja, waktu sinetron itu muncul di sekitar tahun 90-an, si Doel yang lulusan S1 alias sarjana alias ‘tukang’ insinyur itu susah dapet kerja, susah buat nyari kerja. Malah dia sempet jadi sopir segala. Dapat panggilan kerja, tapi akhirnya gagal diterima karena telat datang. Dapat penugasan kerja, tapi nggak jadi diambil karena Babeh nggak ngijinin Doel kerja di tengah laut.

Gue mikir, taun segitu aja udah susah nyari kerja. Si Doel sarjana pula. Apalagi gue sekarang, tahun 2009, mana cuma lulusan D3. Dan memang terbukti sampe sekarang nasib belum berpihak, gue belum dapet panggilan kerja (kasihan ya 😦 ). Padahal gue udah ngikutin banyak tes kerja, udah lakuin apa yang gue bisa. Sayang, Tuhan belum ngasih jalan terbaik sama gue. Jujur seh, capek, malu, takut, semua perasaan jadi nyatu kalo gini. Perasaan nggak jelas, nggak berguna, perasaan sia-sia. Wajar, gue manusia.

Udah cukup soal gue. Balik lagi ke sinetron. Pagi tadi ada yang menarik perhatian gue dari episode Doel pagi ini. Judulnya ‘Cinta Segi Banyak’. Bukan soal judulnya, tapi ada cerita di mana si Doel dibeliin motor sama engkong Ali (H. Tile [alm]) biar si Doel kagak capek dan kagak telat kalo pergi ngelamar kerja. Wah, tentu berkah buat Doel. Tapi, miris juga. Saat engkong ngasih itu motor, ada Mandra di sana. Mandra itu kan anak engkong Ali. Ya secara emosi Mandra tentu cemburu dan nggak terima. Masa cucunya dibeliin motor, sementara anaknya nggak dikasih apa-apa. Mandra memang sangat cemburu dan iri. Tentu saja, sebelum si Doel diberi motor, Atun -adiknya Doel- juga pernah dimodalin sama engkong buat bikin salon. Sementara Mandra, anak kandung engkong Ali sendiri nggak pernah diberi apa-apa. Bahkan Mandra sempat batal ngelamar Munaroh -demenannye Mandra- gara-gara si engkong malah ngelamar Nya Rodiah.

Hal itu menarik buat gue. Soalnya jadi muncul pertanyaan, kenapa si Mandra nampak di-diskriminasi-kan sama engkong. Seolah-olah dianak-tirikan, salah Mandra apa? Apa mungkin karena Mandra kurang pinter, kurang punya sesuatu, kurang punya keterampilan? Satu-satunya yang Mandra bisa ya cuma narik oplet. Kasihan juga Mandra.

Cukup dulu ya, nanti gue kabar-kabarin lagi. Mau nyari kerjaan juga neh kaya si Doel hehehe… kalo ada yang butuh tenaga kerja, bisa hubungi gue di sini. Terus nonton si Doel ya kalo sempet dan ada waktu. Gue yakin, lu semua bakalan ngerti arti kehidupan di sana…(alah bahasanya lagi…)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s