Kekerasan Pelajar

Kemarin-kemarin rame lagi tu di TV soal perkelahian antar pelajar. Mau SMP, SMA, bahkan yang udah pergurun tinggi juga ada. Nggak yang cowok sampe yang cewek juga ikut-ikutan berantem. Perkelahian itu dilakukan ada yang dalem sekolah, di halaman sekolah, ada juga yang dalem kelas, di luar sekolah juga ada, dan tetep pake seragam dan atribut sekolah. Yang paling heboh kemarin seh, perkelahian dua siswi cewek dari SMA di Timika. Perkelahian itu dilakukan di dalam sekolah, di lapangan sekolah dengan ditonton teman-teman satu sekolahnya. Lucunya, dua cewek itu dikasih sarung tangan tinju sama guru BP-nya. Mungkin tu guru udah ribet ngurusin mereka yang berantem mulut atau lainnya. Jadi, biar fair dan sportif ya mending disuruh tarung aja.

Kalo cerita kekerasan di sekolah kedinasan mah, itu ga usah heran. Sekolah kedinasan yang notabene disiplin dan menganut semi militer, wajar aja kalo ada kekerasan. Fisik mereka emang digembleng habis, baik secara wajar dan ga wajar. Kayak IPDN, STIP, dan lain-lain, yang emang menganut sistem semi militer udah banyak dan biasa hal kaya gitu. Sebenernya seh, perkelahian kalangan pelajar juga udah biasa. Cuma eranya aja sekarang yang luar biasa.

Jaman gue dulu, ada pelajar sama pelajar laen berantem sih emang heboh, rame, seru bahkan. Tapi nggak sampai tu digembor-gemborin. Sampe lapor polisi aja jarang ada. Jaman SMP sering banget malah SMP gue berantem sama SMP sebelah (secara deketan gitu tempatnya), tapi nggak sampai se-daerah gue tau. Waktu itu temen-temen gue pernah (sering juga) kena tampar sama guru. Wajar, wong anak itu yang salah. Rambut gondrong, sepatu nggak sesuai aturan, celana gombrang. Jadi, sah aja kalo kena hukuman. Gue juga pernah ditampar sama wali kelas, semua cowok di kelas gue di tampar di depan kelas-kelas yang lain. Emang kita salah, ribut-ribut di kelas sampe kelas udah kayak TPS aja.

Perkelahian pelajar menurut gue sih wajar-wajar aja. Namanya juga anak muda. Pelajar yang rata-rata umur belasan tahun kan emang lagi waktunya cari-cari pengakuan. Biar dianggap, biar diakuin, biar dikenalin. Emang seh caranya salah, tapi sah aja menurut gue mah. Bedanya sama sekarang, sedikit aja ada kehebohan pasti gampang ketahuan sama semua orang. Alasannya gampang, dulu nggak ada HP yang gampang ngerekam apa aja yang kita lihat. Handycam apalagi, jaman dulu masih mahal banget coy!

Jadi, menurut gue sih pemberitaan tentang perkelahian atau kekerasan pelajar sih memang cukup meresahkan. Tapi, itu jangan terlalu dilebih-lebihkan, bisa diselesaikan secara damai oleh pihak yang terkait. Tidak melibatkan pihak berwajib pun bisa, kecuali sudah sampai merenggut nyawa orang lain. Gue termasuk orang yang nggak suka kekerasan. Cuma, apa boleh buat, kekerasan masih tetep ada. Intinya seh, kekerasan boleh ada, asal jangan pernah kita melakukan kekerasan itu. Oke COY!

Leave a Reply

