Tuhan, Terima Kasih Telah Memberikan Masalah

Masalah? Semua orang pasti pernah menghadapi yang namanya masalah. Sudah tujuh hari ini saya menghadapi masalah di tempat kerja saya. Tempat kerja saya itu perusahaan tambang minyak, dan saya sebagai operator di stasiun pengumpul minyak dari sumur-sumur minyak. Tugas saya itu memastikan fasilitas-fasilitas yang ada di stasiun pengumpul itu bekerja dengan baik dan sesuai dengan sistem operasinya. Sayangnya, beberapa hari ini saya mengalami keadaan anomali alias keadaan yang tidak normal yang seharusnya tidak terjadi pada sistem operasi yang normal. Sebagai operator sudah menjadi tugas saya untuk mengkondisikan agar sistem itu kembali berjalan normal seperti biasanya. Berbagai macam cara pun dilakukan agar fasilitas yang ada tidak mengalami gangguan dan sistem kembali berjalan lancar. Dari beberapa hal yang saya lakukan, ada yang berhasil, ada yang tidak, ada yang berhasil awalnya kemudian kembali tidak normal lagi. Dan ini berlangsung sekitar 7 hari selama saya masuk kerja.

Kebetulan saya itu orang baru di tempat kerja saya, tentunya belum memiliki pengalaman yang banyak dalam menghadapi situasi seperti ini. Untungnya ada beberapa senior yang ada di sana yang juga ikut membantu berupaya agar sistem ini kembali berjalan normal. Banyak argumen-argumen yang keluar mengenai bagaimana jalan keluar yang seharusnya dilakukan, tentunya sesuai pengalaman mereka masing-masing ketika menghadapi kondisi anomali ini. Sayangnya, hal ini pun membuat saya bingung, cara mana yang sesuai untuk menangani kondisi anomali seperti itu. Di sisi lain, saya juga mendapatkan pengalaman yang berharga, ilmu yang baru.

Dari kejadian ini saya berpikir dan menyadari bahwa masalah itu sebenarnya bagus buat manusia. Kenapa? Dengan adanya masalah dalam kehidupan manusia itu bisa menstimulasi otak untuk berpikir diluar kebiasaan. Kita bisa membuka pikiran bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah itu. Seperti kejadian yang saya alami, ketika saya pertama kali menemukan anomali itu, otak saya dibuat berpikir lebih cepat untuk memahami sistem yang ada dan kemudian cepat mengambil tindakan yang menurut saya itu bisa mengurangi terjadinya anomali. Disaat yang sama kita secara tidak langsung belajar dari masalah itu sendiri. Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik.

Adanya masalah berdampak bagus pada meningkatnya hubungan komunikasi kita. Masalah yang kita hadapi akan memaksa kita untuk bertanya pada orang-orang yang memiliki ilmu dan pengalaman dalam menghadapi masalah seperti yang kita hadapi. Menurut saya masalah memang bukan untuk dihindari, dan bukan untuk dipecahkan. Masalah itu untuk dipahami kemudian diselesaikan. Jika kita merasa tidak menyelesaikan masalah itu sendiri, jangan pernah ragu untuk meminta bantuan pada orang lain yang lebih memahami. Dalam Al-Quran jelas disebutkan bahwa Allah tidak akan menguji hamba-Nya melebihi kemampuannya. Artinya ujian yang diberikan Allah sudah diperhitungkan oleh Allah bahwa kita mampu untuk menjalaninya dan menyelesaikannya.

Dengan adanya masalah dalam kehidupan kita itu akan membuat kita lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak. Dengan adanya masalah dalam hidup kita akan membuat pengalaman kita bertambah. Jadi, jangan pernah mengeluh jika dihadapkan dengan masalah, semua pasti ada jalan untuk menyelesaikannya. Saya pun bukan orang yang tanpa keluh, mengeluh adalah kebiasaan manusia yang sesungguhnya buruk, bukankah itu harus dihilangkan? Sekarang jika kita menghadapi masalah sebutkanlah: Tuhan, terima kasih telah memberiku masalah. Sejatinya masalah itu akan membuat kamu lebih dewasa dan Tuhan selalu ada bersamamu.

Leave a Reply

