Do You Got Any Talents?

Hmm abis nonton film Garuda Di Dadaku –serius baru nonton– kuno banget kayaknya yah, orang-orang udah pada kemana, saya malah baru nonton (memalukan :D). Jadi geli pengen nulis abis nonton itu film. Entah karena apa jadi kegelitik sendiri liat Bayu -peran utama di pelem itu- yang punya hobi dan bakat sepak bola, tapi sang kakek ga setuju karena menurutnya sepak bola tidak membuat orang jadi sukses. Yang bikin geli buat mikir (kayak punya aja otaknya :p) kelakuan si kakek yang maksain Bayu buat ikut les ini itu, cuma buat bikin si Bayu bisa sukses kemudian hari tanpa memikirkan apa sebenarnya yang disenengin sama si Bayu itu. Yang bikin saya itu mikir ampe muter-muter di kamar…(emang ga ada kerjaan), itu kata-kata BAKAT. Kalo di kamus seh artinya kepandaian, sifat, dan pembawaan yang dibawa sejak lahir. Artinya kurang lebih ya anugerah dari Tuhan.

Di film itu kan si Bayu ceritanya seneng sama sepak bola dan memang punya bakat yang bagus dalam hal menggocek bola. Tapi, sang kakek memaksakan Bayu agar tidak berhubungan dengan bola. Dasar bocah, ampe ngebohong segala sama si kakek cuma biar bisa maen bola di SSB. Mungkin itu yang saya pikirin, kalo ngerasa punya bakat, ya lebih baik kembangkan bakat itu biar bisa ngehasilin sesuatu. Dan, menurut saya ga ada bakat yang sia-sia, karena bakat itu pemberian Tuhan. Nah, sekarang nasib saya yah (kayak penting aja nyeritain nasib sendiri :p). Biar ga penting juga da saya pengen berbagi isi otak saya yang isinya ga tau ada atau nggak hahahaha…

Hmm…serius neh ya, sampai detik ini saya ga tau saya punya bakat apa. Olahraga? Ya cuma hobi doang, malah fisik ngos-ngosan baru lari 10 menit aja. Musik? Ampe sekarang maen gitar kuncinya itu-itu lagi, ga pernah tamat satu lagu. Ga tau gitarnya yang fals atau emang suaranya aja yang kemana-mana hahahahaha. Lukis? Gambar? Desain? alah bikin garis aja ga bisa lurus, gimana mau bikin desain yang ajegile…. Pinter mungkin? Ini lagi, kalo saya pinter mungkin ga bakalan ada di Indonesia wkwkwkwk…(saya ngikut Habibi bikin pesawat di Jerman).

Lalu apa yang saya bisa? Ya itu yang masih saya cari, sejauh ini saya cuma ngejalanin apa yang ada, apa yang bisa saya kerjakan ya kerjakan. Mungkin hobi saya yang lain itu, menulis, ya nulis, kayak sekarang lagi nulis di blog. Menurut saya ini mungkin bakat saya, ya mengekspresikan apa yang saya mau cuma lewat tulisan. Kalo mau ditanya, apa tulisan saya hebat? Ouh jangan ditanya, jangan ditanya, jangan ditanya, jangan ditanya, jangan ditanya…. (ga tau mau nulis apa hahahaha)

Tulisan saya memang belum pernah dapet apresiasi yang wah, atau pengakuan yang luar biasa. Cuma ada beberapa yang menghargai tulisan saya, mengapresiasi bahasa-bahasa saya. Nah, ini pun kalo ente-ente lagi baca tulisan ini, saya anggap sebagai bentuk apresiasi. Gimana engga, rela banget seh baca tulisan yang kagak penting begini 🙂

Lalu, apa bakat saya bakalan berguna buat hidup saya? Bisa bikin sukses?

Kalo punya bakat olahraga bisa jadi atlet, dapet penghasilan. Kalo bisa musik, bisa jadi artis jadi terkenal dan nangkring terus di tivi, diidolain banyak orang hahahaha… Kalo jago desain, bisa dijual juga tuh. Hmm.. nulis juga sebenernya bisa dijual, ga sedikit kan novelis, pujangga, dan lain lain jadi terkenal. Masalahnya, tulisan yang kayak gimana dulu yang bisa menjual. Jelas, tulisan saya ga bisa dijual, ya ga bisa dijual, karena…. karena saya ga jual :p Bakat yang saya punya dalam menulis, cuma dijadiin hobi buat ngisi waktu luang, bukan untuk mencari keuntungan. Paling tidak ada kepuasaan tersendiri ketika menulis, dan tulisan kita dibaca orang. Apalagi kalo direspon dengan baik.

Intinya seh saya cuma mau bilang, kalo ente-ente ngerasa punya bakat yang menonjol, tunjukkan bakat itu, kembangkan karena banyak potensi di dalamnya yang bisa bikin ente jadi sukses. Dan inget, sukses itu bukan dilihat dari hasil akhir yang dicapai, tapi dilihat dari bagaimana hasil itu bisa dicapai (sooooook!)

Leave a Reply

