Bangkit, berdiri, lalu berlari.

Boleh jadi menyesal. Tapi, seperti kata orang menyesal itu tak ada gunanya. Yap, really penyesalan itu ga bakal bikin yang udah terjadi berubah gitu aja. Peribahasa bilang: Nasi sudah menjadi bubur. Aa Gym sering bilang toh nasi udah jadi bubur tinggal gimana kita bikin bubur itu menjadi spesial, pake daging ayam, pake sayur, pake kacang, pake kecap, pake telor, pake kerupuk, dll. Ya intinya jangan biarin hal yang udah terjadi itu jadi hal yang sia-sia.
Menyesal itu udah lumrah, sifat manusia. Makna penting dari penyesalan itu adalah pelajarannya. Hikmahya. Penyesalan biasanya muncul setelah kita bikin kesalahan. Pernah denger satu quote, tapi lupa siapa dan dimana, bunyinya gini: tidak pernah ada yang namanya kesalahan, semuanya adalah pembelajaran. Sedap banget tuh pepatah, dalam setiap sesuatu yang kita anggap salah pasti ada pelajaran yang harusnya kita mengambil hikmahnya. Dan setiap manusia pernah ngelakuin kesalahan, ya mau sengaja atau engga.
Menyesal itu triger buat kita biar belajar. Belajar dari kesalahan biar engga ngulangi lagi kesalahan yang sama, atau membuat kita lebih berhati-hati biar engga bikin kesalahan yang lainnya. Terlihat seperti mudah dalam kata-kata untuk tidak menyesali kesalahan. Karena terkadang kesalahan itu kayak datang ga diundang pulang ga diantar (kayak jelangkung jadinya hahahahaha). Kalau semua mulai dijalani, perlahan akan mudah. Emang yang sulit itu mengawali.
Mmm… Saatnya mulai kurangi menyesal, dan rundown kesalahan apa yang pernah kita bikin yang bikin kita menyesal. Pasti ada pelajaran yang bisa diambil dari sana. Kalo perlu tulisin aja pelajaran apa yang kita dapet dari kesalahan itu. Okay, cukup menyesali kesalahan. Bangkit, berdiri, lalu berlari. Buat apa sesal, buat apa sesal, sesal itu tak ada gunanyaaaaa….(Kayak lagu apa gitu hehehehe).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s