Gaye Mahasiswe

Lagi iseng balik lagi dengerin lagu lawas kepunyaan OM PSP. Apaan? Ga tau itu OM PSP??? Gile lu, orang mana sih lu kagak tau OM PSP. Oke dah gue jelasin dulu itu apaan. OM PSP itu singkatan dari Orkes Melayu Pancaran Sinar Petromaks. Masih kagak ngarti juga? Okelah gue certain dikit. OM PSP itu kan udah jelas dari namanya orkes melayu. Ini kalo mau dibilang kerennya jaman sekarang itu grup musik. Lu emang ga bakal nemuin dia akhir2 ini, kalo pun  lu temuin, mereka udah seumuran bapak lu atau kakek lu malahan. OM PSP emang grup music lawas yang mengambil jenis music kayak dangdut gitu. Booming banget music kayak gini itu sekitar tahun 70’an dah. Nah kalo mau lengkap soal OM PSP ya lu gugling aje nape sih… kan gampang itu.

Nah gue mau nyeritain satu lagu-nya yang enak dan bikin geli. Judulnya itu Gaya Mahasiswa. Sesuai sama judulnya, ini lagu emang nyeritain gaya mahasiswa pada jaman lagu ini dibuat. Ini dia, jaman lagu ini dibuat kan sekitar tahun 70’an, tapi coba dah lu dengerin lagu ini dan dengerin bener2 liriknya. Bah, nyari lirik juga males? Oke dah gue mah baik da, neh gue kasih liriknya, sekalian kalo yang mau tau lagunya gue kasih link yutubna..mangga disimak….

VIDEO GAYA MAHASISWA

Lirik Gaya Mahasiswa

Dateng di kampus bawe buku tebel-tebel

Dandanan nyentrik begaye model professor

Ngaku di rumeh berangkat pergi kulieh

Sampe di kampus nyasarnye ke kantin juge

Cari temen ngobrol sambil ngupi dia paling doyan

Nyetanin temen ngajakin bolos kulieh

Kelar kulieh die juge ikut pulang

Belaga pilon kupinye lupe dibayar

Dekat ujian die sibuk foto copy

Cari catetan colek sana colek sini

Waktu ujian odingnye kayak yang ngarti

Udah dua jem kertasnye belon diisi

Giliran pengumuman ujian keluar

Angke-angkenye mereh ga satu birunya

Kalo ditanye ngape ancur ujian lu

Jawabnye songkoy dosennya pade sentiment ame gue

Itulah die kisah seorang mahasiswe

Jangan dicontoh segala kelakuennye

Kalo pada mau tau om pada mau tau kenal

Ga jauh jauh ni die ay lah orangnya

 

Udeh kan baca tuh liriknya. Ngeh ga sama apa yang gue pikirin??? Setdah, mesti dijelasin juga, oke deh… Neh ya, setelah gue denger itu lagi berulang2 dengan meresapi liriknya dan bergoyang jempol di dalem mobil… gue menemukan bahwa gaya mahasiswa tahun itu lagu alias 70’an ga beda jauh sama gaya mahasiswa jaman gue, jaman gue 2000-an yah, atao kalo mau gue pukul rata, ga jauh juga dah sama kelakuan alias gaya mahasiswa jaman sekarang. Ga percaya??

Di lagu itu bilang kan, ngakunya pergi kuliah udah nyampe kampus, eh nyasarnya ke kantin juga… Ga dikit juga itu mahasiswa sekarang yang masih doyan ngampus di kantin hahahaha… noh yang ketawa pasti pernah ngalamin. :p  Ya kantin buat sebagian besar mahasiswa Indonesia malah adalah tempat kuliah sesungguhnya. Kadang dari jam pertama ngampus sampe udah bubaran kuliah, masih aja betah di kantin. Terus ya itu nongkrong2 di kantin, ngopi2, makan2, dan akhirnya bilang sama yang punya, “bu, bayar besok ya!”  mahasiswa banget -__-

Lirik kedua yang mencerminkan kesamaan mahasiswa jaman sekarang sama mahasiswa tahun 70’an itu adalah deket ujian sibuk foto copy, colek sana colek sini cari catetan. Bener kan kalo jadi mahasiswa itu emang males nyatet. Lah jangankan mahasiswa, masih jadi murid SD sampe SMA aja nyatet adalah pekerjaan yang membosankan, apalagi kalo panjang. Dari tulisan yang tegak sampe itu tulisan udah kayak gelombang pasang.

Udah jadi kebiasaan beberapa mahasiswa itu sibuk nyari catetan mendekati ujian. Ya itu sih tujuannya macem-macem, ada yang emang buat dibaca alias belajar, ada yang buat dibikin kopean, ada juga yang buat dibakar terus campurin kopi, minum, berharap itu catetan masuk ke otak dengan cara yang alami. Dan yang bener lagi, kalo hasil ujiannya jelek, kebanyakan bilang, “Dosen sentiment!”

Ga jauh beda kan gaya mahasiswa dulu sama gaya mahasiswa sekarang. Yang beda kalo gue liat di film2 jadul kayak film OM PSP, Warkop DKI, gaya mahasiswa dulu itu sederhana banget. Jarang yang nunjukkin kemewahan. Beda banget kalo liat jaman sekarang. Sama kalo mahasiswa jaman dulu kayaknya lebih menunjukkan protes mereka melalui kreativitas daripada sekedar berkoar-koar pake toa.

🙂

 

Advertisements

2 thoughts on “Gaye Mahasiswe

  1. Cuman kalo mahasiswa cewek nggak segitunya kali yah, bukan masalah gender sih tp it’s for real..hahhahahaaahha..buat para mahasiswa tingkatkan kreatifitas dan prestasi deh, kalo sekedar koar2 dgn toa dgn minim prestasi nggak bakal di denger kan…

    Like

    • =)) ini kan yang nulis cowok dan sedikit pengalaman. setuju tuh, koar2 doang di jalan mah ga ngehasilin apa-apa kecuali macet dan chaos ;p

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s