Milan Glorie 2013: Luar Biasa!!!

Milan Glorie 2013: 9 Februari 2013 Stadion Utama Gelora Bung Karno seketika berubah menjadi warna Merah Hitam!

DSC_0005 (FILEminimizer)

Akhirnya Milan Glorie 2013 ada juga, padahal tahun 2012 udah ditunggu dan ternyata batal. Sempat terancam nggak bisa nonton event MG2013 ini karena waktunya pas jadwal masuk kerja, dan baru saja selesai minta ijin kerja. Jadi sedikit nggak enak kalo harus minta ijin lagi. Tetapi, Tuhan memang selalu punya rencana lain. Kalo nggak salah 2 minggu sebelum hari-H, ASD (promotor MG) mengkonfirmasi bahwa sang legenda Il capitano Paolo Maldini, idola saya sejak kecil bakalan datang ke Jakarta. Kalo anak abege bilang bikin galau. Akhirnya muter otak, liat schedule kerja, oke ini harusnya bisa minta ijin paksa. Dan akhirnya saya minta ijin kerja ke atasan, ada keperluan keluarga. Saya tidak bohong, karena toh Milanisti adalah keluarga saya juga :D. Dengan segera saya menghubungi PIC Milan Glorie di Garut. Karena saya ingin berangkat bersama-sama dengan keluarga milanisti sezione Garut, sezione yang saya dirikan bersama rekan yang lainnya. Dua tahun lalu waktu MG2011 yang pertama, saya ikut dengan sezione Bandung karena di Garut belum ada. Dan dari sanalah saya punya keinginan untuk membentuk sezione di Garut. Alhamdulillah bersama rekan-rekan keinginan itu terwujud.

Di Mobil

Ke Jakarta bareng-bareng dari Garut pake dua mobil travel sewaan. Ya mobil semacam minibus. Dari Garut sekitar 26 orang yang ikut. Sayang, banyak yang berhalangan jadi nggak bisa ikut semua. Berangkat jam 22:30 malem, padahal ngumpul udah dari jam 20:00. Biasa jam Indonesia waktu Milan :p sama sekalian nunggu mobil satu lagi yang belum datang. Serunya berangkat bareng rombongan itu, perjalanan jadi menyenangkan. Asik. Sepanjang perjalanan ada saja yang bisa dijadikan bahan lelucon. Nge-chant pun nggak ketinggalan. Tetep berteriak lantang. Perjalanan panjang Garut – Jakarta gini kalo nggak dibarengin ketawa-ketawa bisa capek dua kali lipat. Perjalanan terhenti di rest area km 97 tol Cipularang. Biasa unloading muatan berlebih di kandung kemih. Sekalian istirahat sebentar dan isi bensin. Nggak ketinggalan pasti sesi pemotretan :).

DSC_0011 (FILEminimizer) copy

Sampai Jakarta, salah belok malah mau ke Halim. Eh, ada lagi oknum yang berhentiin mobil kita. Entah salah apa, dan udah ketahuan kan UUD. Ujung-ujungnya Duit. 20 rebu selesai. Udah malesin sih subuh-subuh gitu harus debat. Mendingan cepetan muter balik biar cepet sampai ke Asramah Haji, tempat penginapan anak-anak Milansiti seluruh sezione. Rombongan kami sampai di Asrama Haji kira-kira jam 03:30 pagi. Di sana udah banyak saudara-saudara Milanisti dari sezione lain. Sezione Garut langsung diarahkan ke gedung D5. Ada yang istrihat, ada yang masih ngobrol, ada yang nyari makan. Saya mah istirahat saja. Tapi, terganggu oleh panggilan alam yang tidak bisa ditinggalkan.

Tanah Abang-20130209-02333

Pagi hari saya sudah bersiap. Sudah ganteng. Sudah keren. Karena paginya saya harus ke venue meet n greet Sheva dan Maldini. Oh iya, ini kesempatan langka. Saya sudah memaksakan untuk ikut MG2013 karena kehadiran Maldini. Dan ada kesempatan untuk bisa meet n greet, tentu saya ambil kesempatan itu. Acara meet n greet ini tidak free, ada harga yang harus dibayar. Saya rasa pantas dan bisa dimaklumi. Mengingat Sheva dan Maldini adalah legenda yang fansnya banyak di Indonesia. Jadi, untuk bisa bertemu dengan mereka sangat sulit. Saya malah sedikit envy dengan beberapa rekan yang bisa bertemu dengan mereka, foto bareng dan dapat tanda tangan tanpa bayar. Tapi, saya pikir usaha mereka pun penuh perjuangan, dan mereka punya waktu untuk melakukannya. Saya mungkin tidak punya banyak waktu untuk berusaha seperti mereka, jadi meet n greet adalah jawaban agar mimpi saya bisa terwujud. Bertemu sang idola.
Acara meet n greet dilaksanakan di Hotel Mandarin Oriental, bunderan HI. Jam 08:00 saya sudah ada disana. Karena infonya harus daftar ulang jam 07:30. Eh, ternyata daftar ulangnya jam 09:30. Tapi, tidak ada ruginya. Sesi pertama adalah meet n greet (MnG) dengan Sheva. Yang ikut MnG Sheva katanya ada sekitar 100 orang lebih. Dan sesi kedua MnG bersama Maldini, yang katanya pesertanya lebih dari 250 orang. Bertemu dengan kedua pemain tersebut, rasanya luar biasa. Merinding. Saya mungkin tidak seperti kebanyak orang yang ekspresif dan membawa banyak memorabilia. Saya hanya bisa menikmati bahwa saya bertatap muka langsung dengan idola yang ada di depan saya. Apalagi ketika bertemu Paolo Maldini. Merinding. Gemeteran. Selesai foto bareng, saya bilang: Thank You. Paolo jawab: You’re welcome.

Tanah Abang-20130209-02337

Jam 14:00 saya baru berada di GBK selesai acara MnG. Banyak momen yang terlewatkan selama saya mengikuti MnG. Momen kemeriahan diasrama haji dan GBK. Momen berkumpulnya para Milanisti Indonesia. Tidak sepenuhnya terlewatkan, karena dari saya dateng ke GBK pun kemeriahan itu masih berlangsung. Gema chant yang terus lantang dikumandangkan para milanisti ini. GBK cuma berwarna merah hitam. Dari pintu masuk area GBK pun sudah terasa atmosfer yang meriah. Pintu masuk stadion udah dibuka. Hujan pun mulai turun. Ini bener-bener ultras. Hujan-hujanan pun rela demi nonton Milan. Kayak biasa kalo antri mau masuk pasti desek-desekan. Ada sedikit dorong-dorongan. Tapi, masih aman terkendali. Karena ini milanisti.

Ketika sudah masuk stadion saya langsung takjub. Gila. Ini sektor 13-16 penuh sesak. Dibandingin dua tahun lalu, ini sangat luar biasa. Tidak ada tempat duduk yang kosong. Lorong jalan pun penuh. Ketika saya masuk, chant yang sedang berkumandang adalah Milano sia mo noi, milano sia mo noi, milano sia mo noi, solo noi… ini makin bikin merinding. Temen saya, Bayu, bahkan sampai menangis. Asli dia nangis. Saya pun melihat sekeliling. Dan memang penuh banget sektor ini. Dua tahun lalu masih ada tempat untuk duduk. Kali ini, widiiiih…..

DSC_0443 (FILEminimizer)

DSC_0424 (FILEminimizer)Kick off segera dimulai. Coreo giant flag pun diangkat. Giant flag merah putih dan komposisi pemain Milan Glorie diangkat menutupi tribun Milanisti Indonesia. Merah putih, menandakan nasionalisme kami tidak pudar walaupun kami Milanisti, fans klub luar negeri. Pertandingan berlangsung menarik, seru. Kedua tim saling menyerang. Kalo diperhatikan komposisi pemain Indonesia, tidak semuanya pemain yang sudah pensiun, beberapa masih aktif sebagai pemain. Ada Firman Utina, Bima Sakti, dan Bambang Pamungkas. Berbeda dengan pemain Milan Glorie yang semua pemainnya sudah tidak aktif sebagai pemain.

Seperti sudah bisa ditebak, Milan Glorie unggul lebih dulu. Serginho berhasil melakukan solo run dan memperdayai kiper Hendro Kartiko. Lagi-lagi Serginho, seperti dua tahun lalu. Gol pertama di pertandingan ini, sekaligus gol ke-5 di GBK. Indonesia pun melakukan perlawan. Dan berhasil menyamakan kedudukan melalui BePe. Bepe mendapat sambutan yang kurang baik. Ini dikarenakan dia seorang interista. Fans Inter, klub yang menjadi musuh bebuyutan Milan. Dan saat konfrensi pers Bepe mengakui dia interista dan sangat berhasrat menjebol gawang Milan sebagai seorang interista. Jadi wajar ketika pertandingan, Milanisti menyambutnya dengan kurang baik. Tapi, kami tetap mendukung dia sebagai pemain Indonesia, dan legenda sepak bola Indonesia.

DSC_0435 (FILEminimizer)Kembali ke pertandingan, Milan Glorie unggul lagi melalui gol Shevchenko. Luar biasa bisa menyaksikan Sheva mencetak gol di depan mata. Indonesia membalas lagi, masih melalui Bambang Pamungkas, saya memang mengagumi dia sebagai pemain hebat Indonesia. Sayang dia interista. Jadi, karena sekarang melawan Milan, Bepe seperti memperlihatkan ke-interista-annya. Babak kedua, Indonesia All Stars Legend belum bisa mengimbangi permainan Milan Glorie, pemain pengganti Ganz, berhasil memasukan bola lewat sundulannya ke gawang Hendro. 3-2 untuk Milan Glorie. Menjelang menit-menit akhir, kembali lagi Serginho menambah gol untuk Milan Glorie. Gol ke-6 dia di GBK. Akhirnya pertandingn berkahir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Milan Glorie.

IMG-20130209-02353Dari awal babak pertama sampai pertandingan berakhir. Chant para ultras gadungan ini tidak pernah berhenti. Core tahun ini benar-benar luar biasa. Red flare lebih banyak dari dua tahun lalu, lebih merata. Ditambah dengan smoke bomb, bikin suasana makin seru. Parade bendera dan banner, bener-bener mencirikan ultras. Seperti di curva sud San Siro sana. Milan Glorie kali ini bener-bener saya rasakan atmosfer yang hebat. Penonton yang banyak, chant yang terus bergema, red flare yang menakjubkan, ah tak ada kata lain selain luar biasa. Chant para ultras tidak berhenti walaupun lapangan sudah kosong. Mereka berhenti sampai lampu stadion mati.

Akhirnya, harus balik lagi ke parkiran timur. Nah ini seru nih. Pas mau ke parkiran. Anak-anak sezione Garut kan ngumpul tuh, ya biar bareng gitu. Emang bareng pas jalan, tapi ada yang jalannya cepet jadi duluan, ada yang ketinggalan. Jadi, dari rombongan ada tiga grup yang kepisah karena kecepatan jalannya beda-beda. Anehnya, 3 grup ini ngelakuin hal yang sama: NYASAR! Jadi pas keluar pintu stadion kita ngelewatin restoran, padahal pas mau masuk di awal tadi nggak ketemu sama restoran. Sampe akhirnya nemu bundaran, semua baru sadar kalo kita nyasar. Saking udah pegel kaki, sambil mikir jalan yang bener, ya ngehajar tukang baso tahu yang lagi nangkring disitu. Grup yang barengan saya, bisa balik lagi ke parkiran timur dikasih tahu rekan milanisti yang lain. Eh, di sana udah ada grup sezione Garut yang lain, dan ternyata mereka pun sama awalnya berakhir di bundaran. Hahahaha….

Acara selesai. Harus balik lagi ke kota masing-masing. Ada sezione lain yang masih tinggal di Jakarta. Sezione Garut langsung pulang. Tapi, saya nggak ikut pulang ke Garut, saya stay di Jakarta karena besok saya berangkat lagi ke Riau, gawe lagi. Hari yang melelahkan, sangat melelahkan. Tapi, semua terbayarkan dengan suasana yang meriah. Pengalaman yang seru, momen yang berharga, kenangan yang tidak bisa dilupakan. Menyenangkan. Berkumpul dengan milanisti seluruh Indonesia, berkumpul dengan milanisti sezione Garut, bertemu idola, merasakan atmosfer stadion yang luar biasa, ah semua itu tidak akan pernah terlupakan. Luar biasa.

Milan Glorie 2013 di Jakarta ini mendapat sorotan dari AC Milan. Mereka menuliskan hal positif di websitenya (lihat disini). Mudah-mudahan ini bisa menjadi faktor pertimbangan untuk bisa membawa tim utama AC Milan ke Indonesia. Dan saya yakin, akan lebih besar lagi penontonnya dari ini. Apalagi jika mengulang momen 1994, dimana tim utama Milan datang ke Indonesia dan bertanding melawan Persib Bandung. Saya yakin penontonnya bakalan penuh. Ya, kita berharap saja semoga tim utama AC Milan bisa datang ke Indonesia. FORZA MILAN!!!

==== =====

Benda-20130210-02354

 IMG-20130209-02350IMG-20130209-02338 IMG-20130209-02347 Tanah Abang-20130209-02332

DSC_0274 (FILEminimizer)

DSC_0332 (FILEminimizer) DSC_0336 (FILEminimizer)

DSC_0337 (FILEminimizer) DSC_0374 (FILEminimizer)

DSC_0422 (FILEminimizer) DSC_0465 (FILEminimizer)

 

 

 

DSC_0473 (FILEminimizer)

Leave a Reply

