Mau Bayar Pajak Tapi Kok Dibuat Ribet

Pajak motor mau habis tanggal 18 Februari 2014. Hari ini tanggal 17 Februari 2014 rencananya saya mau bayar pajak itu di samsat. Saya beli motor di daerah tempat saya kerja di Duri – Riau. Sudah 2 kali saya bayar pajak di Duri. Ceritanya pagi sekali saya datang ke Samsat Duri sekitar jam 08.00. Kemudian langsung menuju ke tempat foto copy untuk melengkapi persyaratan karena harus ada copyan berkas diantaranya:

  • KTP (asli dan copy)
  • BPKP (asli dan copy)
  • STNK (asli dan copy)

Ketiga syarat itu sudah saya foto copy di tempat yang ada dan membayar Rp. 3.000 untuk biayanya. Setelah itu saya langsung menuju proses selanjutnya yaitu ke loket PENDAFTARAN. Normalnya di sini, setelah dari loket ini kita akan dipanggil untuk menuju loket pembayaran. Tapi, sampai jam 09.00 nama saya belum dipanggil. Bahkan saya tanya ke bapak-bapak sebelah yang sudah ada daritadi, ternyata dia juga belum dipanggil untuk melakukan pembayaran pajak. Padahal bapak itu sudah datang dari jam 07.30! Jadi pertanyaan saya, bagaimana sebenarnya proses yang terjadi di ruangan tersebut? Kenapa bisa sampai memakan waktu yang lama? Verifikasi data kah? Bukannya sudah komputerisasi ya.

Tiba-tiba saya dengar nama saya dipanggil di loket pendaftaran. Saya ke sana dan si petugas itu bertanya, “Ga ada ktp sini pak?” Ya KTP saya memang bukan KTP Duri, tapi masih KTP Garut. Dan semua identitas yang saya punya masih identitas Garut. Identitas Duri yang saya pegang adalah surat domisili. Saya jawab ke petugas itu, saya hanya ada surat domisili. Petugas itu jawab ga bisa pake domisili. Padahal sudah 2 kali saya bayar pajak di Duri itu pake KTP Garut dan surat domisili, lancar-lancar saja. Bahkan tahun pertama saya masih pake KTP konvensional. Sekarang udah pake e-KTP. Petugasnya keukeuh bilang ga bisa diproses. Dia malah bilang dimutasi saja. 

Saya jadi mikir kan, e-KTP ini fungsinya apa? Katanya sudah jadi KTP Nasional. Artinya kan ga perlu lagi punya KTP di daerah kita tinggal. Bukannya hal itu malah bakal ada KTP ganda. Petugas di loket pendaftaran itu tetep bilang ga bisa proses harus ada identitas Duri. Tetep nyuruh buat di mutasi saja. Oke. Saya tanyain ke bagian mutasi kendaraan. Lagi pendapatnya sama, harus ada identitas Duri. Saya tanya, “Kalo dimutasi ke daerah saya, bayar pajaknya bisa di sini?” Jawabnya engga, harus di daerahnya. Oke paham karena ini pajak daerah. 

Di STNK saya itu alamatnya memang Duri sesuai dengan surat domisili. Plat nomer juga Duri. Sudah 2 tahun saya bayar pajak motor itu di Duri. Lalu kenapa sekarang ga bisa? Saya mau berbuat baik dengan taat pajak, bayar pajak tapi, kenapa kok urusannya dibuat ribet? Soal e-KTP harusnya kan bisa dipakai dimana saja. Kenapa tidak bisa buat bayar pajak? Verifikasi datanya susah? Ini kan SAMSAT, instansi pemerintahan. Berarti belum ada card reader e-KTP di sana? Pemerintah belum menyediakan?

Akhirnya karena udah kesel dan jengkel, mendingan balik dulu lah. Besok lagi urusan pajak motor. Kalo emang ga bisa juga ini pake KTP yang ada, mesti pake jalur cepat mungkin. Kenapa ya urusan sama birokrasi begini suka dibikin ribet? Bikin KTP, SIM, STNK, Kartu Keluarga, Akte Lahir, dll. ada aja hambatannya. Padahal kita mau melakukan hal yang bener loh. Atau memang negara ini udah ga bener, jadi ya cuma yang ga bener yang lancar jaya.

 

Advertisements

3 thoughts on “Mau Bayar Pajak Tapi Kok Dibuat Ribet

  1. Inilah contoh kongkrit negara yg gk akan maju2 300 tahun lagi…!!!
    Indonesiaku malang….!!! Rakyatnya jga malang…emang enak jdi warga negara indonesia…??? Mau ngasih duit kenegara aja berbelit2 aturannya…apalagi minta duit sama negara….bayangkan saja….

    Like

  2. Enya bener lur. Sayah ge rek bayar pajak make ektp teu bisa cenah, teuing pemerintah mereun nu bloon apa sdm na kurang pengetahuan ,teuing rakyat mereun jiga urang urang nu bodo.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s