Perpanjangan SIM C di Polres Garut

Udah masuk Februari, cek dompet dan liat SIM C mau habis masa berlakunya. Mumpung lagi libur kerja dan ada di Garut, ya sudah hari ini saya mau ngurus perpanjangan SIM. Karena kalau SIM sudah lewat dari masa berlaku yang tertulis, ga bisa diperpanjang lagi. Harus ikut prosedur pembuatan SIM baru, yang artinya menambah keribetan. Gimana proses perpanjangan SIM? Yang perlu disiapin sih cuma KTP sama SIM C yang mau diperpanjang. 

Saya sampai di Polres Garut sekitar jam 9:30. Tapi ga langsung masuk ke dalam, buat yang baru tahu mendingan ke tempat cek kesehatan. Tempatnya di seberang Polres Garut. Di sana sampingan dengan tukang foto kopi. Jadi, urutannya foto kopi dulu KTP. Kasihin aja sama tukangnya udah ngerti dia. Foto kopi dibikin 4, dan harganya 2000 rupiah saja. Terus masuk ke ruang sebelahnya, tempat cek kesehatan. 

Kasihin dua lembar foto kopi KTP dan nanti bakal ditanyain buat SIM apa dan baru atau perpanjangan. Kalau perpanjangan diminta SIM yang lama. Di kursi pertama diukur berat badan, tekanan darah, sama tes buta warna. Lanjut ke kursi berikutnya buat dapet surat keterangan sehat dan bayar biayanya 30.000 rupiah. Surat keterangan sehat disatuin sama foto kopi KTP dan SIM lama, langsung distaples sama petugasnya. 

Nah, abis itu barulah nyebrang ke Polres-nya. Cari parkiran dulu. Karena tadi saya pake mobil, lumayan jauh tempat parkirnya. Carilah tempat yang bertuliakn Pelayanan SIM. Kalau dari gerbang masuk tadi lurus aja udah kelihatan kok. Masuk ke tempat pelayanan, ada polisi yang jaga dan ditanyain perpanjangan atau baru. Kasihin surat keterangan sehat tadi, plus foto kopi KTP yang sisa dua lagi. Kita bakal dikasih map sama kartu pass masuk ke area pelayanan SIM. 

Karena saya ngurus perpanjangan jadi disuruh langsung ke loket 2. Sebelah kanan dari pintu masuk. Loket 2 memang tulisannya buat pendaftaran perpanjangan. Masukin berkas yang ada di map tadi. Cek sebentar sama polisinya, terus disuruh lanjut ke loket 3 di sebelahnya. Loket 3 itu loket BRI, buat pembayaran urusan SIM. Biaya perpanjangan SIM C itu 75.000 rupiah. Habis bayar, disuruh lanjut ke loket 7 penyerahan berkas. Kasihin map dan tunggu dipanggil. 

Menungu panggilan ini yang bikin kesel. Ada 5 menit baru dipanggil. Udah dipanggil lalu dikasih formulir buat diisi. Isi aja yang kita pahami. Kalau bingung ya tanya pak polisi. Tapi, disitu ada bapak-bapak bukan polisi yang bantu ngasih tahu. Bapak itu kayaknya sih nyewain pulpen, buat orang yang ga bawa pulpen. Untung saya bawa. Abis ngisi formulir, balilin lagi ke loket 7, eh ga deh ke loket sebelahnya, loket 6. Terus ya nunggu dipanggil lagi nama kita. 

Entah berapa lama saya nunggu, baru dipanggil buat masuk ke loket 8. Loket buat pengambilan foto. Di dalem ruangan ini pun nunggu lagi buat dipanggil giliran foto. Sebelum dipanggil, dikasih secarik kertas buat kita tanda tangan dan disimpen sampai giliran foto. Ini buat cetak tanda tangan kita di SIM nanti, atau bisa buat disimpan di database pak polisi. 

Foto udah beres dan nunggu lagi. Buat nerima SIM yang udah jadi. Dan ini lamaaaaaa lagi. Oke, kebanyakan a itu. Tapi, emang lama nunggu dipanggil. Berapa menitnya saya ga merhatiin jam. Dipanggil terus nerima SIM yang baru, selesai proses perpanjangan jam 11 siang. Oke, dari jam 09:30 sampai 11:00, satu jam setengah ya. Lamanya di proses menunggu panggilan. Mungkin ya bapak dan ibu polisi perlu waktu buat verifikasi data,  ga tau juga deh. 

Jadi, perpanjangan SIM ini lebih gampang daripada bikin baru. Bikin baru sih ribet di ujian praktek aja. Total biaya buat perpanjangan SIM, fotokopi KTP 2.000, surat keterangan sehat 30.000, biaya SIM C 75.000, semuanya jadi 107.000 rupiah. Murah dan gampang kan, ga perlu jalur calo segala. Akan lebih enak lagi kalo online yah, tinggal upload data, bayar, SIM jadi. Mesin cetaknya ini sih yang PR. Tapi, tadi ada tulisan SIM Mobile berupa aplikasi. Nanti deh cari tahu dulu….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s