First Born: Welcome to The World, Baby! 

Hello, balik lagi. Eh, ada yang nungguin ga seri first born ini? Hehehe… Lama ini lanjutannya ya karena sok sibuk dengan hal lain. Kita lanjut ceritanya ya. Jadi abis pendarahan kemarin itu, tentunya saya dan istri jadi lebih hati-hati dan waspada. Selektif sama makanan, ngikutin mitos-mitos, ya percaya atau engga kita ambil positifnya aja. Istri kadang jadi bingung, karena banyak ga bolehnya.

Periksa lagi ke dokter, ternyata habis pendarahan kemarin posisi plasenta masih di bawah. Tapi, masih bisa naik dengan asupan makanan dan banyak gerak. Dan satu lagi, rajin-rajin ajak ngobrol calon bayi dalam perut. Minta dia biar bawa plasentanya naik. Mungkin aneh, tapi itu ya semacam latihan komunikasi sama bayinya. 

Soal plasenta ini unik, jadi setelah pendarahan masih di bawah. Periksa selanjutnya udah naik normal di atas dan ga ngalangin jalan lahir. Terus di usia kehamilan 30 mingguan, dokter bilang plasentanya ke bawah lagi, dan ngalangin jalan lahir. Dokter udah bilang cuma bisa lewat operasi lahirannya. Istri sempet down denger kabar itu. Saya pun cuma bisa meyakinkan buat terus berdoa, lakuin posisi sujud lebih sering, makan protein lebih banyak. Nah, menjelang pulang ke Garut. Istri kontrol lagi ke dokter. Alhamdulillah, ternyata plasentanya udah naik lagi ga ngalangin jalan lahir. Dokter pun ga komen apa-apa. Cuma bilang kandungannya bagus. Dokter juga bisa keliru kan. 

Akhir November 2016, istri sudah mulai cuti. Saya pun ambil cuti lebih awal. Cuti reguler. Belum bisa ambil cuti melahirkan, karena regulasinya cuti melahirkan bisa diambil pas harinya. HPL alias hari perkiraan lahir bayinya menurut itungan HPHT (hari pertama haid terakhir) itu jatuh di tanggal 26 Desember. Masih 2 minggu dari cuti yang saya ambil. Cuma firasat istri kalau lahirnya bakalan sebelum itu. Dan supaya saya bisa stand by nemenin. Sebagai suami siaga, saya ikutin kemauan istri. Toh saya juga bisa rehat lebih lama dari kerjaan hehe. 

Dua minggu sudah saya di Garut, cuti tinggal seminggu lagi. Dan istri belum ada tanda-tanda mau lahir. Tiap ditanya, udah mules belum? Ada kontraksi ga? Jawabannya engga. Heran. Dan temen-temennya yang barengan hamil, udah pada lahiran. Kok, ini tanda-tandanya ga ada juga. Agak khawatir, soalnya kalo belum lahir pas cuti habis saya harus balik lagi ke Riau. Kalo pas saya balik, istri lahiran ya berabe bolak-balik. 

Tiap pagi saya dan istri jalan-jalan. Ya keliling komplek lah. Katanya kan itu bisa merangsang kontraksi. Nah, pagi itu kita jalan lah ke depan komplek mau cari sarapan. Sampai di gerbang istri ngerasain kayak ada cairan keluar. Kayak pipis gitu lumayan banyak. Sempat nerusin jalan, sampai numpang dulu ke toilet mesjid buat ngecek. Dia bilang cairanya bening kayak keputihan, tapi lebih kental. Ya udah, akhirnya kita balik lagi ke rumah buat ngecek ke bidan. Kebetulan ada bidan di komplek rumah. 

Kita berangkat ke bidan. Kata mertua sekalian aja bawa tas yang udah disiapin buat lahiran. Baju bayi dan lain-lain. Sampai diperiksa di bidan, katanya udah ada pembukaan. Tapi, baru pembukaan 2. Disaranin buat cek ke dokter kandungan aja, mastiin cairan yang keluar. Yang kemungkinannya air ketuban. Jadi, langsung tancap gas ke klinik bersalin Bunda Alya, yang memang dari kemarin kontrolnya ke sini. Diperiksa dokter udah masuk ke pembukaan tiga, dan cairan yang keluar tadi memang air ketuban yang pecah/ rembes. Dokter langsung ngasih rujukan buat tindakan persalinan. Karena istri ga ngerasain kontraksi dan mules, jadinya dikasih tindakan induksi buat merangsang kontraksinya. Jadi, induksi yang dilakuin itu istri diinfus dan dikasih obat entah apa namanya buat merangsang kontraksi. 

Mulai diinduksi dari jam 11 siang dan baru pembukaan tiga. Sampai jam 3 sore udah masuk ke pembukaan 8. Termasuk cepet. Dan ga kayak orang kontraksi lainnya yang pake teriak-teriak, jerit-jerit, istri saya termasuk sholehah. Sakit pun dia cuma meringis tanpa suara. Ya sesekali mencengkram tangan saya. Ga sampe ada adegan pukul memukul, jambak menjambak, karena rambut saya lagi botak. 

Jam setengah 4 sudah masuk ke pembukaan 9. Proses persalinan segera dilakukan. Dan yang boleh tinggal di dalam cuma satu orang. Sepertinya mamah saya akan lebih banyak membantu di dalam daripada saya. Jadi akhirnya saya menunggu di luar dengan cemas dan deg-degan. Walaupun saat itu sedang ada siaran langsung sepak bola, tapi mana bisa konsen nonton bola kalau pikiran ada di ruang bersalin. Di ruang tunggu selain saya ada juga mamah mertua, kakak saya, kakak ipar, bapak saya. Semua ikutan cemas. Setengah jam kemudian, mamah saya yang di dalam keluar. Katanya harus dibantu vacuum karena istri kelelahan dan ga kuat ngeden. Ya apa pun yang penting istri dan bayinya selamat. 

Jam 16:40 terdengar tangisan bayi yang menggelegar memecah keheningan klinik. Tangis itu begitu nyaring dan kencang. Seketika saya berucap syukur. Bayi saya, anak pertama saya sudah lahir. Saya masuk untuk melihat bayinya. Ia begitu mungil. Perempuan jenis kelaminnya. Beratnya 2500 gram, panjangnya 47 cm. Setelah suster membersihkan dan membedonginya, saya mau mengadzaninya. Ada beda pendapat soal ini, tapi saya ngambil baiknya biar suara pertama yang dia kenal adalah lantunan adzan dari ayahnya. Sempat kikuk antara mau gendong atau engga, karena mungil sekali jadi ragu. Akhirnya saya biarkan dia berbaring dan mengadzaninya di telinga kanan, lalu iqomah di telinga kiri. Selamat datang di dunia, anakku! 

Istri masih di dalam ruang bersalin. Dia masih harus menuntaskan proses persalinan. Dijahit tepatnya dan lama sekali. Dari setelah bayi lahir baru selesai jam 6 lebih. Katanya menghabiskan 2 rol benang. Luar biasa. Waktu proses lahiran seperti biasa dia ga teriak dan menjerit, tapi waktu proses jahit teriakannya kencang. Alhamdulillah istri selamat, bayi selamat. Nikmat Tuhan mana yang kau dustakan. Bimbing kami jadi orang tua yang bisa menjaga dan mendidik titipan-Mu dengan baik dan benar, ya Allah. 

Advertisements

Perpanjangan SIM C di Polres Garut

Udah masuk Februari, cek dompet dan liat SIM C mau habis masa berlakunya. Mumpung lagi libur kerja dan ada di Garut, ya sudah hari ini saya mau ngurus perpanjangan SIM. Karena kalau SIM sudah lewat dari masa berlaku yang tertulis, ga bisa diperpanjang lagi. Harus ikut prosedur pembuatan SIM baru, yang artinya menambah keribetan. Gimana proses perpanjangan SIM? Yang perlu disiapin sih cuma KTP sama SIM C yang mau diperpanjang. 

Saya sampai di Polres Garut sekitar jam 9:30. Tapi ga langsung masuk ke dalam, buat yang baru tahu mendingan ke tempat cek kesehatan. Tempatnya di seberang Polres Garut. Di sana sampingan dengan tukang foto kopi. Jadi, urutannya foto kopi dulu KTP. Kasihin aja sama tukangnya udah ngerti dia. Foto kopi dibikin 4, dan harganya 2000 rupiah saja. Terus masuk ke ruang sebelahnya, tempat cek kesehatan. 

Kasihin dua lembar foto kopi KTP dan nanti bakal ditanyain buat SIM apa dan baru atau perpanjangan. Kalau perpanjangan diminta SIM yang lama. Di kursi pertama diukur berat badan, tekanan darah, sama tes buta warna. Lanjut ke kursi berikutnya buat dapet surat keterangan sehat dan bayar biayanya 30.000 rupiah. Surat keterangan sehat disatuin sama foto kopi KTP dan SIM lama, langsung distaples sama petugasnya. 

Nah, abis itu barulah nyebrang ke Polres-nya. Cari parkiran dulu. Karena tadi saya pake mobil, lumayan jauh tempat parkirnya. Carilah tempat yang bertuliakn Pelayanan SIM. Kalau dari gerbang masuk tadi lurus aja udah kelihatan kok. Masuk ke tempat pelayanan, ada polisi yang jaga dan ditanyain perpanjangan atau baru. Kasihin surat keterangan sehat tadi, plus foto kopi KTP yang sisa dua lagi. Kita bakal dikasih map sama kartu pass masuk ke area pelayanan SIM. 

Karena saya ngurus perpanjangan jadi disuruh langsung ke loket 2. Sebelah kanan dari pintu masuk. Loket 2 memang tulisannya buat pendaftaran perpanjangan. Masukin berkas yang ada di map tadi. Cek sebentar sama polisinya, terus disuruh lanjut ke loket 3 di sebelahnya. Loket 3 itu loket BRI, buat pembayaran urusan SIM. Biaya perpanjangan SIM C itu 75.000 rupiah. Habis bayar, disuruh lanjut ke loket 7 penyerahan berkas. Kasihin map dan tunggu dipanggil. 

Menungu panggilan ini yang bikin kesel. Ada 5 menit baru dipanggil. Udah dipanggil lalu dikasih formulir buat diisi. Isi aja yang kita pahami. Kalau bingung ya tanya pak polisi. Tapi, disitu ada bapak-bapak bukan polisi yang bantu ngasih tahu. Bapak itu kayaknya sih nyewain pulpen, buat orang yang ga bawa pulpen. Untung saya bawa. Abis ngisi formulir, balilin lagi ke loket 7, eh ga deh ke loket sebelahnya, loket 6. Terus ya nunggu dipanggil lagi nama kita. 

Entah berapa lama saya nunggu, baru dipanggil buat masuk ke loket 8. Loket buat pengambilan foto. Di dalem ruangan ini pun nunggu lagi buat dipanggil giliran foto. Sebelum dipanggil, dikasih secarik kertas buat kita tanda tangan dan disimpen sampai giliran foto. Ini buat cetak tanda tangan kita di SIM nanti, atau bisa buat disimpan di database pak polisi. 

Foto udah beres dan nunggu lagi. Buat nerima SIM yang udah jadi. Dan ini lamaaaaaa lagi. Oke, kebanyakan a itu. Tapi, emang lama nunggu dipanggil. Berapa menitnya saya ga merhatiin jam. Dipanggil terus nerima SIM yang baru, selesai proses perpanjangan jam 11 siang. Oke, dari jam 09:30 sampai 11:00, satu jam setengah ya. Lamanya di proses menunggu panggilan. Mungkin ya bapak dan ibu polisi perlu waktu buat verifikasi data,  ga tau juga deh. 

Jadi, perpanjangan SIM ini lebih gampang daripada bikin baru. Bikin baru sih ribet di ujian praktek aja. Total biaya buat perpanjangan SIM, fotokopi KTP 2.000, surat keterangan sehat 30.000, biaya SIM C 75.000, semuanya jadi 107.000 rupiah. Murah dan gampang kan, ga perlu jalur calo segala. Akan lebih enak lagi kalo online yah, tinggal upload data, bayar, SIM jadi. Mesin cetaknya ini sih yang PR. Tapi, tadi ada tulisan SIM Mobile berupa aplikasi. Nanti deh cari tahu dulu….

First Born: Bad News

Melanjutkan postingan sebelumnya dalam seri First Born. Sebelum masuk bulan puasa kemarin istri pulang ke Garut, niatnya mau munggahan di sana. Saya ga ikut karena udah jadwal masuk kerja di Riau. Khawatir sih istri lagi hamil perjalanan jauh sendirian pula. Tapi, ya resiko mau gimana lagi. Ga ada yang aneh waktu istri di Garut, biasa aja dan normal-normal aja. Sehari sebelum masuk hari pertama puasa, jam 5 subuh pas saya pulang dari masjid di HP ada beberapa panggilan tak terjawab, dari mamah mertua dan dari mamah saya. Agak heran keduanya menelpon sepagi itu. Langsung saya telepon balik mamah. 

Mamah cerita istri sekarang lagi di bidan dekat rumah. Tadi subuh katanya pendarahan, keluar darah banyak. Dan mau dibawa ke rumah sakit buat di USG dan diperiksa sama dokter kandungan di sana. Seketika gemetar, pikiran ga karuan. Cuma bisa berdoa sama Allah. Jarak yang jauh bikin suasana makin tidak berdaya. Informasinya memang belum jelas, intinya istri mengalami pendarahan dan kalo hasil periksa sama bidan katanya belum ada pembukaan. Waktu itu usia kandungan masih sekitar 12 minggu. Masih dalam usia yang rentan untuk kehamilan. Tapi, saya coba berpikir positif, berdoa, dan tawakal.

Jam 6 pagi sudah ada di RSIA Bunda Alya Garut, tapi baru jam 8an diperiksa dokter. Dari pertama dapat kabar saya belum nelepon istri, takutnya dia malah tambah shock. Jadi saya cuma komunikasi sama mamah. Jam 9 mamah ngabarin hasil periksa dokter. Katanya kandungannya selamat, janinnya sehat, detak jantung masih ada. Alhamdulillah. Memang ada pendarahan yang bisa dikategorikan sebagai ancaman keguguran. Penyebabnya ga pasti karena bisa banyak faktor. Bisa infeksi, bisa kecapean, bisa dari makanan atau minuman. Istri harus rehat dulu dan ga bisa puasa, karena kita khawatir sama kondisi janin juga ibunya. 

Seminggu istirahat di Garut, istri balik lagi ke Bekasi. Karena khawatir, jadi ditemani mamah mertua sampe saya pulang ke Bekasi. Seminggu saya di sana, semuanya normal saja. Memang lebih diperhatiin lagi pilihan makanan sama minuman. Yang mitos-mitos ga boleh dimakan pun kita ikutin. Pas saya mau balik lagi ke Riau, pagi hari istri bilang kayaknya nge-flek lagi. Ya, ada darah lagi keluar. Ga banyak, tapi kentel. Saya yang pagi itu harusnya ke bandara dan pulang ke Riau, langsung cancel dan minta ijin bos buat balik besok. 

Pagi itu kita nyari lagi dokter, karena sebelumnya di RS AB banyak testimoni ga menyenangkan dari temen-temen istri. Dan hasil dari gosipan istri dan temen-temennya, akhirnya kita mutusin buat cek ke RS Hermina Bekasi. Siang dicek dokter Lilia di sana, dari hasil USG emang keliatan ada pendarahan di kandungannya. Kata dokter sih kecil bisa ilang sendiri, selama belum menyebar. Jadi, istri disuruh istirahat lagi. 

Beruntung setelah dapet surat dokter, kantor istri bahkan menyarankan untuk lanjut istirahat sampai lebaran sampai kondisi membaik. Jadi, pulang lagi ke Garut buat istirahat total di sana. 

Setelah beberapa lama, istri saya baru inget. Sebelum pulang ke Garut mau munggahan itu, dia minum es kelapa muda. Ya, air kelapa muda emang bagus, tapi untuk usia kandungan yang masih renta, di trisemester awal sebaiknya memang dihindari saja. Plus emang ada faktor kelelahan juga. 

Ya, buat yang lagi hamil dijaga baik-baik apalagi di usia kandungan yang masih muda. 

First Born: Good News

Udah lama ga nulis, mumpung lagi cuti dalam rangka menjadi suami siaga menunggu istri melahirkan anak pertama kami. Jadi, mau sedikit bercerita tentang serba-serbi pengalaman baru ini.

Sebagai pasangan yang baru menikah, tentunya punya keinginan untuk mendapatkan keturunan. Saya dan istri sempat berdiskusi mengenai hal ini, kapan mau punya anak, mau cepat atau ditahan dulu. Sebenarnya sih prinsip kami ya segimana dikasih sama Allah. Pengennya jangan terlalu cepet, jangan terlalu lama juga. Rata-rata saja seperti kebanyakan orang.

Terlalu cepet juga kan kita masih pengantin baru yang masih pengen pacaran berduaan hehe… terlalu lama juga bakalan kesel nanti sama pertanyaan-pertanyaan orang kalo ketemu. Pertanyaan seperti istri sudah isi belum? Pertanyaan yang sebenarnya basa-basi yang ga perlu, toh kalo istri nanti hamil pun bakalan tahu dengan sendirinya mereka itu. Apalagi jaman media sosial, tinggal update status atau upload foto udah bisa tahu orang-orang sedunia.

April 2016, tepatnya tangga 28 April, saya pulang dari Riau ke Bekasi. Seperti biasa memang, dua mingggu sekali saya pulang. Tidak ada hal yang aneh hari itu. Sampai di rumah saya keliling rumah. Mencari sesuatu yang aneh, ya siapa tahu seperti sebelumnya ada tulisan welcome home dalam kertas post-it ditempel di cermin, atau ada cheese cake di kulkas sebagai hadiah selamat datang. Sayangnya ga nemu.

20160428_042800Tapi, pas duduk dan mau ngambil cemilan di meja. Kok, ada benda aneh yang mencurigakan di sana. Itu test pack! Itu loh alat buat cek kehamilan dari urin. Dan ada selembar kertas di sana yang bertuliskan: Welcome Home, daddy to be. From Mommy to be… Seketika kaget, dan lihat di test pack itu memang ada dua strip merah yang artinya positif hamil. Langsung sujud syukur.

Sore harinya sepulang istri dari kantor biar memastikan lagi, kami pergi ke dokter kandungan di RS Awal Bros Bekasi. Alasannya karena lebih deket dari kantor dan rumah. Hasil periksa lewat USG sama dokter, istri memang sedang hamil dan sudah terbentuk kantung hamilnya. Usianya diperkirakan sudah 5 mingguan. Dokter ngasih obat penguat rahim dan vitamin. FYI aja ini mah di RS Awal Bros mahal cuy. Periksa dokter plus USG dan obat resep ngabisin hampir 1 juta. Tanpa cetak foto USG. Nanti cari rumah sakit lain lah.

Alhamdulillah, akhirnya istri hamil. Tinggal ngejaga kandungannya biar sehat. Yang penting ibunya sehat, kandungannya pun ikut sehat. 6 bulan setelah menikah, dikasih kepercayaan dapat keturunan, sesuai ga terlalu cepet, ga terlalu lama dapatnya.

Segitu dulu aja, nanti cerita lain lagi. Tulisan ini bakalan berseri dalam satu judul inti First Born. Daaah…